Kewirausahaan Proposal Usaha
PROPOSAL USAHA
DEPOT AIR
MINUM ISI ULANG DAN TOKO FILTER AIR “SAE KARYA”
Proposal
Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kewirausahaan
DOSEN
: Dr. Drs. Sukirman S.Pd.,SH.,MM

Disusun
Oleh:
Nama : Ayu Septhiana Putri
NIM : 201511176
Kelas : 4D Manajemen
![]() |
PROGAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017/ 2018
DAFTAR ISI
JUDUL i
DAFTAR ISI ii
KATA PENGANTAR iii
ABSTRAK iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang 1
1.2 Konsep 3
1.3 Visi 4
1.4 Misi 4
1.5 Tujuan 5
BAB II PROFIL USAHA
2.1 Nama
dan Alamat Perusahaan 6
2.2 Nama
dan Alamat Pemilik 6
2.3 Informasi
Tentang Usaha 6
BAB
III STRUKTUR ORGANISASI
3.1
Struktur Organisasi
Usaha 7
3.2 Job Description
( Penjelasan Tugas ) 7
BAB IV PRODUK USAHA
4.1 Jenis
Produk 8
4.2 Peralatan yang Diperlukan
10
4.3 Bahan Baku 10
4.4 Gambaran Produk dan Jasa 11
4.6 Pembuatan Produk Air Minum Isi Ulang 11
4.6 Keunggulan
Produk Depot Air Minum 12
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1 Target
dan Segmentasi Pasar 14
4.4 Faktor
Kompetitif 15
5.3 Rencana
Penjualan 16
BAB VI RENCANA KEUANGAN 18
BAB VII PENUTUP 22
LAMPIRAN 23-31
KATA
PENGANTAR
Puji dan
syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
kasih sayang-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas proposal bisnis ini tepat
pada waktunya.
Adapun
tujuan dari pembuatan proposal bisnis ini untuk memahami yang lebih baik
mengenai bagaimana menjalankan usaha dan bagaimana suatu usaha mendapatkan dana
untuk modal kerja operasional.
Dengan
segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal bisnis ini, dan juga
penulis menyadari bahwa penulisan proposal bisnis ini masih jauh dari sempurna,
oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penyempurnaan
proposal bisnis ini, sangat penulis harapkan.
Penulis
berharap semoga proposal bisnis ini memberi manfaat yang besar bagi kita semua
yang membutuhkannya.
Kudus,
20 Maret 2017
Penulis
ABSTRAK
Air
minum merupakan kebutuhan manusia yang paling penting, agar tetap sehat air
minum harus memenuhi persyaratan fisik, kimia dan biologi. Air tawar bersih untuk
air minum semakin langka di perkotaan. Air tanah sudah tidak aman untuk
dijadikan air minum karena telah terkontaminasi oleh rembesan septik tank,
maupun air permukaan buangan limbah industri dan rumah tangga. Hal ini yang
menjadi alasan mengapa air minum isi ulang menjadi pilihan masyarakat untuk
dikonsumsi dengan harga yang murah.
Penulis
berencana mendirikan usaha dagang
berupa penjualan air minum isi
ulang, produk kebutuhan depot air minum, sparepart kebutuhan mesin depot air
minum isi ulang, pelayanan jasa yang melayani pemasangan baru untuk usaha depot
air minum isi ulang, service panggilan memperbaiki berbagai macam kerusakan
teknis mesin depot air minum.. Dimana usaha yang
didirikan ini mempunyai visi,misi yang kuat. Dan dari segi ketertarikan
konsumen juga banyak yang membutuhkan sehingga
usaha ini bisa
berkesinambungan dalam jangka panjang. Dalam segi namanya usaha ini diberi nama
“Depot Air Minum Isi Ulang SAE KARYA”
agar pembeli mudah mengingat nama tersebut. Dari segi pengusaha usaha ini cukup
menjanjikan dan menggiurkan,
karena labanya cukup maksimal dan bisa
didapatkan setiap harinya.
Selain
itu, penulis juga berencana untuk bisa
mengembangkan usaha ini dengan cara membuka cabang dibeberapa tempat, agar
masyarakat bisa
lebih mengenal, dan juga diusahakan bisa
lebih melengkapi kebutuhan konsumen. Tentunya dengan harga yng tidak kalah
dalam bersaing.
Dilihat dari pesaing, memang banyak karena usaha
ini termasuk usaha yang mudah. Yang membedakan usaha ini dengan jasa yang lain
yakni kami melayani dengan cara halus kepada pelanggan, kami juga melayani
melalui panggilan antar jemput air minum
yang dimana dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Dan diharapkan dari
penulis agar usaha ini bisa
tetap bertahan dan bisa
bersaing dengan usaha yang lainnya.
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Air sangat
diperlukan oleh tubuh manusia seperti halnya udara dan makanan. Manusia
tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air. Selain berguna untuk manusia,
air pun diperlukan oleh makhluk hidup lain misalnya hewan dan tumbuhan. Bagi
manusia, air sebagian besar digunakan sebagai air minum baik yang dapat
diminum langsung maupun yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum diminum.
Air merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Badan manusia terdiri dari sekitar 65 % air. Kehilangan air cukup banyak dapat berakibat fatal atau bahkan mengakibatkan
kematian. Setiap hari manusia memerlukan 2,5 - 3 liter air untuk minum dan
makan.
Air
yang ada di bumi umumnya tidak dalam keadaan murni (H20), melainkan megandung berbagai bahan baik terlarut maupun
tersupensi, termasuk mikroba. Oleh karena itu sebelum dikonsumsi, air harus
diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan atau menurunkan kadar bahan tercemar
sampai pada tingkat yang aman. Air bersih adalah air yang jernih tidak
berwarna, dan tidak berbau. Meskipun demikian, air jernih yang tidak berwarna,
dan tidak berbau belum tentu aman dikonsumsi.
Air minum,
tetap menjadi kebutuhan pokok setiap orang, kapanpun, dimanapun.
Karena itu bisnis air minum tetap bergairah, tetap prospek, apalagi jika
kualitas dan higienitas air tanah di kawasan tersebut tercemar dan rendah
kualitasnya. Air merupakan kebutuhan pokok manusia dan mahluk hidup
lainnya dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.air yang tidak memenuhi
persyaratan kesehatan dapat menyebabkan gangguan bagi yang menkonsumsinya.
Tidak dapat
disangkal bahwa komposisi tubuh manusia dewasa sekitar 60-70 % terdiri dari
air, sementara pada bayi hampir 80 % tubuhnya terdiri dari air, dan pada janin
bahkan lebih dari 90 % tubuhnya terdiri dari air. Air dibutuhkan oleh semua
bagian tubuh manusia untuk dapat melakukan aktivitasnya. Guna air bagi tubuh
antara lain sebagai : bahan pembentukan sel, bahan pembawa, pengatur suhu,
pelarut, pereaksi, pelumas & sebagai bantalan/adsorber.
Jumlah air yang
dibutuhkan oleh tubuh sangat bervariasi, tergantung dari jenis makanan yang
dikonsumsi, suhu & kelembaban lingkungan, tingkat aktivitas tubuh, jenis
kelamin, serta usia & kondisi tubuh. Kira-kira tubuh memerlukan sekitar 2 -
2,5 liter air perhari, jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan dari air
minum & makanan. Katakanlah rata-rata kita membutuhkan 1 liter air minum
setiap hari maka jika penduduk suatu kawasan, kecamatan mawasangka misalnya
dengan penduduk 15.000 maka air minum yang dibutuhkan setiap haru adalah 15.000
liter atau 166 galon perharinya. Jika sepertiga dari kebutuhan tersebut dari masyarakat
yang tidak mau repot memasak (instant) maka kebutuhan minum yang harus disupply
oleh depot air minum adalah 166 galon perhari.
Kebutuhan ini
merupakan peluang bisnis air minum isi ulang yang dapat kita manfaatkan dengan
membuka depot air minum isi ulang (SAE
KARYA). Menjalankan usaha ini bisa meraup
keuntungan yang besar, karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan jasa
depot pengisian air isi ulang tersebut.
Dalam
era pembangunan dan perindustrian pada saat ini telah meningkatkan taraf hidup
manusia, akan tetapi pembangunan menjadi suatu dampak pencemaran air yang
sangat menyolok. Sungai-sungai dan sumber-sumber air banyak tercemar unsur
kimia organik, non organik, logam berat, dan sebagainya yang dapat membawa
kerugian fatal bagi tubuh manusia. Air yang tercemar bukan saja kehilangan daya
detoksifikasinya untuk melancarkan metabolisme sel tubuh, tetapi juga merugikan
tubuh kita.
Timbulnya
berbagai permasalahan diatas menjadikan jutaan masyarakat saat ini telah
membelanjakan uangnya hanya untuk mendapatkan air bersih untuk diminum
sehari-harinya. Secara singkat dapat dikatakan air memegang peranan penting
dalam tubuh sehingga perlu diperhatikan kebersihan dan higienitasnya.
Mengabaikan peranan penting air berarti anda menampung berbagai sumber penyakit
dimasa akan datang. Persiapan dana yang besar untuk mengobatinya, hilangnya
hari-hari bahagia bersama keluarga dan bahkan akibat paling buruk, anda
kehilangan mata pencarian karena fisik tidak menunjang serta menjalani hidup
lebih lama ditempat tidur karena sakit.
Dengan
adanya temuan baru beberapa tahun yang lalu tentang teknologi penyaringan air
bersih (air isi ulang) dengan investasi yang cukup murah dan dapat dijadikan
sebagai home industri (usaha mikro) dilokasi-lokasi permukiman. Harga jual produk
otomatis sangat murah dibandingkan produk yang bermerek. Dan diperkirakan
permintaan akan produk air isi ulang akan terus meningkat sejalan dengan
perkembangan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya air bersih untuk
metabilosme sel-sel tubuh. Disamping itu pemerintah sangat mendukung dengan
adanya usaha ini “Masyarakat dapat hidup sehat dengan biaya hidup ekonomi
rendah”.
1.2 Konsep Produk dan Gambaran
Umum Usaha
Depo air minum Isi Ulang dan Toko Filter Air
SAE KARYA merupakan format usaha baru yang menyediakan air minum dengan
kualitas prima melalui gerai-gerai pengisian air minum yang letaknya berdekatan
atau berada di lingkungan konsumen Air Minum Isi Ulang. Gerai ini sendiri
merupakan gabungan antara isi ulang air minum dan toko filter air, karena
selain berfungsi sebagai sarana penjualan, proses produksi air minum juga
dilakukan di gerai. Bahan bakunya adalah air alami dari sumber pegunungan yang
dipasok menggunakan truk tangki. Dengan letak gerai yang berdekatan dengan
lingkungan konsumen, maka konsumen dengan mudah dapat membawa botol galon milik
sendiri ke gerai SAE KARYA untuk diisi ulang. Gerai SAE KARYA melayani konsumen
dengan sepenuh hati dan profesional. Depo air minum isi ulang SAE KARYA menyediakan
berbagai macam alat penyaring air sumur dan sperepart kebutuhan mesin depot isi
ulang air minum
Bisnis air minum isi ulang merupakan bisnis yang akan bias survive dalam
jangka panjang. Walaupun bisnis ini belakangan cukup menjamur, jangan patah
semangat untuk menekuninya, sebab semua orang
membutuhkan air, baik untuk minum ataupun keperluan kebutuhan yang lainnya.
Menngelola bisnis ini tidaklah terlalu sulit dan juga tidak membutuhkan tempat
yang luas, yang penting lokasinya strategis. Depot air isi ulang yang strategis
ini ternyata dapat mendongkrak penjualan sampai 50.
Perbedaan
harga antara depot yang satu dengan yang lainnya itu tidak signifikan. Bahkan
bisa dibilang bisnis ini mirip dengan jual voucer isi ulang, orang akan mencari
tempat pengisian atau tempat depot air isi ulang tertentu walaupun
perbedaan harga air isi ulang bisa dikatakan tipis. Banyak sekali tempat
depor air isi ulang yang semakin sukses, karena bisnis tersebut menjanjikan
sekali.
Langkah
awal yang perlu Saya lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah menyediakan
tempat di lokasi strategis. Kemudian Saya harus mencari agen penyulingan dan
juga perakitan alat pengisian ulang air mineral. Dan
juga meskipun display alat suling air Saya biasanya tampak
jelas, namun tetap perlu mempromosikannya agar masyarakat sekitar mengetahui
keberadaan usaha Saya.
Kendala
dalam menjalankan usaha ini adalah kepercayaan masyarakat, karena sangat peka
dengan kualitas air kemasan yang Saya jual tersebut. Keberhasilan dalam
menjalankan usaha ini antara lain bergantung pada beberapa hal:
Ø Kualitas
air
Ø Harga
per gallon
Ø Layanan
yang baik dan ramah
Ø Lokasi
strategis depot isi ulang
1.3
Visi Usaha
Visi
Depo Air Minum dan Toko Filter Air SAE KARYA
adalah:
1. Berdikari (Berdiri di kaki sendiri) untuk menciptakan sebuah
lapangan kerja
2. Menjadi
produsen air minum terdepan di sekitar wilayah desa prambatan, dengan pangsa pasar 90%.
3.
Menjadi depo isi ulang
yang dapat menyediakan air minum yang bersih, higienis, dan menyehatkan.
4. Untuk
menghadirkan kembali air murni yang berkualitas bagi kehidupan
5. upaya
peningkatan upaya kebijakan masyarakat mengenai air.
6.
Memberikan kepuasan konsumen yang
tiada hentinya menginginkan suatu air minum dengan
sentuhan inovasi yang bersih dan higienis
1.4 Misi Usaha
Misi Depo Air Minum dan Toko Filter Air SAE KARYA adalah
1.
Memberikan,
mempermudah, dan memperdekat isi ulang air minum yang berkwalitas serta sehat
kepada masyarakat
2.
Senantiasa menjaga
kualitas hasil produksi. Memberikan produk berkualitas sehingga konsumen memiliki
loyalitas yang tinggi
3.
Meningkatkan
kesejahteraan pemilik serta karyawan Depot SAE
KARYA
4.
Menjaga
kualitas air dan produk peralatan lainnya, memperhitungkan daya tahan air minum, serta menjaga kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan dengan harga terjangkau
5.
Melakukan
perluasan pasar produksi dan menjaga efisiensi kerja yang optimal
6.
Mengutamakan kebersihan isi produk
maupun kemasan produk
7.
Memberikan
air minum yang sehat, menciptakan
kehidupan yang sehat
1.5 Tujuan
Tujuan Didirikan Usaha Adapun tujuan
didirikannya usaha ini adalah :
a.
Berperan aktif dalam bidang
bisnis dan kewirausahaan
b.
Menyediakan kebutuhan air
minum kepada masyarakat
c.
Menciptakan lapangan kerja baru
dan mengurangi tingkat pengangguran
d.
Mendapatkan keuntungan atau
pengahasilan berwirausaha dari produk ini
e.
Memperluas area pemasaran produk
isi ulang air minum
f.
Menambah jenis air yang
diproduksi
g.
Mempunyai beberapa cabang di
beberapa daerah.
h.
Dapat memproduksi air minum dalam
kemasan yang berskala besar dan mempunyai beberapa produk kemasan
i.
Memberikan kepuasan dan pelayanan
yang terbaik untuk para konsumen
BAB II
PROFIL USAHA

2.1
Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : Depot Isi Ulang Air Minum “SAE KARYA”
Jenis
Usaha
: Usaha Isi Ulang Air Minum dan Toko Filter Air
Alamat perusahaan : Desa Prambatan Kidul Rt 07 Rw 03 Kaliwungu Kudus
No. Telp : 085326840281
2.2
Nama
dan Alamat Pemilik
Nama pemilik : Ayu Septhiana Putri
Alamat pemilik : Desa Bakalan Krapyak Rt 02 Rw 01 Kudus
No. Telp : 085326840281
2.3
Informasi
Tentang Usaha
Perusahaan yang
kami dirikan ini bergerak di bidang perdagangan jasa isi ulang air minum yang menjual isi ulang air minum, berbagai macam alat penyaring air sumur dan sperepart
kebutuhan mesin depot isi ulang air minum dengan
memilih usaha ini kami yakin usaha kami akan berkembang dan maju, di karenakan
pada saat ini banyak sekali masyarakat
yang gemar
memilih air minum isi ulang yang bersih, higienis dan menyehatkan
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Dalam hal ini
kami membutuhkan karyawan, Karena usaha ini kami geluti dengan beberapa orang
yang mempunyai tugas masing-masing.
3.1
STRUKTUR ORGANISASI USAHA
a. STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi dalam
bisnis ini adalah sebagai berikut:
a. Pimpinan Usaha : Ayu Septhiana Putri
b. Wakil Pemilik : Heru Widodo
c. Penanggung Jawab
Produksi : Umi Lestari
d. Penanggung Jawab
Pemasaran : Gandhi Saputra
e. Penanggung Jawab Keuangan : Ayu Septhiana Putri
b. Tugas dan tanggung jawab masing –masing
a). pemilik perusahaan adalah
orang yang memiliki usaha di SAE KARYA yang
berhak penuh di dalam mengambil
sebuah keputusan
b). wakil pemilik
adalah orang yang di percaya untuk mengambil keputusan ketika pemilik
usaha tidak ada di tempat
c). karyawan bertugas untuk
memproduksikan isi ulang sampai siap di kemas dan di pasarkan
d). sopir sebagai agen pengecer
yang bertugas mengantarkan
hasil produksi ke suplayer atau pengecer
e) pengecer/ruko bertugas menjualkan
hasil produk yang di antar oleh sopir , untuk di jual ke masyarakat/ konsumen
3.2
Job
Description ( Penjelasan Tugas )
1. Pemilik
usaha bertugas untuk memantau jalannya dan input/output keuangan usaha
2. Tim
Management
Latar
belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang
dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha.
Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan yang
bertugas untuk membantu memasarkan produk dari usaha ini.
BAB
IV
PRODUK
USAHA


4.1 Jenis Produk
1.
Air Minum - Isi Ulang
Depo Air Minum SAE KARYA memberikan layanan pengisian
Air Minum SAE KARYA di lokasi gerai yang berada di desa prambatan kidul.
Pelanggan datang ke gerai dengan membawa botol galon kosong 19 liter miliknya untuk diisi ulang dengan Air Minum
SAE KARYA. Untuk menjaga kepastian akan kualitas terbaik, Depo Air Minum SAE
KARYA saat ini sudah memberikan layanan ambil sekaligus antar botol galon.
Depo Air Minum SAE KARYA tidak hanya menyediakan
isi ulang air minum biasa tetapi juga tersedia isi ulang air minum RO (Reverse
Osmosis) air minum ini Air minum ini
memakai mesin reverse osmosis sebagai mesin utama, bisa memakai air sumber (air
baku) yang ber-tds 40 hingga 500 ppm, bisa memakai air pam, air sumur, air
gunung juga semakin baik step by step pengolahannya adalah sama, yaitu :
- Filtrasi
- Ultrafiltrasi mesin reverse osmosis
- kemudian Ultraviolet untuk hasil air RO.
Air RO
biasanya ber TDS 0 ppm sampai 20 ppm, semakin sedikit ukuran ppm semakin
mendekati kemurnian air, untuk dari itulah di negara-negara maju semua
menggunakan air murni jenis ini untuk dikonsumsi, misalkan di Singapura mereka
mengkonsumsi air RO dengan nama dringking water,air
RO kenapa bisa murni? karena memakai membrane, Air RO sudah di uji di lab
pemerintah dan laboratorium perguruan tinggi dan hasilnya memang baik dan
memenuhi standart air untuk dikonsumsi, baik test secara fisika, kimia maupun
bakteriologis untuk gambaran sederhana kenapa air minum RO menghasilkan
air yg lebih baik adalah sbb, air masuk ke mesin 10 liter, keluar menjadi air
bersih 4 liter, dan air kotor 6 liter.
2. Produk lainnya
a. Tutup Galon
b. Macam-macam galon
c. Berbagai macam alat
penyaring air sumur
d. Sparepart kebutuhan mesin
depot isi ulang air minum
3. Jasa Layanan Depot Air Minum
SAE KARYA
Melayani :
a. Pemasangan baru untuk usaha
depot isi ulang air minum mineral dan R.O
b. Pemasangan filter penjernih
air sumur yang kotor dan bau untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam rumah
tangga maupun industri
c. Merekondisi / memperbarui
instalasi mesin depot isi ulang yang sudah lama
d. Service panggilan
memperbaiki berbagai macam kerusakan teknis mesin depot air minum dan segala
permasalahan lainnya
4.
Botol Galon Baru Tanpa Merek / Polos
Tersedia
botol galon baru tanpa merek / polos @ Rp. 46.000,- dengan bonus isi Air Minum SAE
KARYA
5.
Pembersihan & Sterilisasi Botol Galon
Semua
proses pembersihan dan sterilisasi botol galon pelanggan diberikan secara gratis sesuai standar kualitas terbaik Air Minum
SAE KARYA. Botol galon milik pelanggan akan disterilkan dengan obat yang layak
konsumsi (food-grade) dan dibilas dengan air minum (air steril).
Pembersihan
botol yang lebih menyeluruh akan diberikan apabila botol galon milik pelanggan
membutuhkan atau pelanggan
memintakannya, yaitu dengan menambahkan proses penyikatan bagian dalam botol
dan/atau pengobatan / perendaman botol galon. Proses pembersihan botol secara
menyeluruh akan membutuhkan waktu yang lebih dan oleh karenanya membutuhkan
persetujuan dari pelanggan.
6.
Standar Kegkapan Produk
Standar
kelengkapan produk Air Minum SAE KARYA termasuk tutup botol baru yang higinis dan berkualitas, tisu pembersih leher botol galon, dan label informasi produk.
7.
Layanan dari Kendaraan kembali ke Kendaraan dan Layanan Pesan Antar
Kemudahan
diberikan bagi pelanggan dengan memberikan layanan pengambilan botol galon
kosong dari kendaraan pelanggan, dan mengangkat dan mengatur kembali botol
galon yang telah diisi Air Minum SAE KARYA ke kendaraan pelanggan. Layanan ini
adalah standar Depo Air Minum SAE KARYA dan diberikan secara gratis. Kami juga memberikan pelayanan pesan dan
diantar langsung ke rumah dan diberikan secara gratis.
4.2 Peralatan yang Diperlukan
Untuk memulai bisnis ini,
beberapa alat yang perlu dibeli antara lain :
a.
Satu unit pompa
b.
Tabung Filter Air, digunakan
untuk menyaring air,
c.
Pasir Silika berfungsi menyerap
lumpur dan kotoran dalam tabung filter air,
d.
Karbon (Arang) Aktif untuk
menyerap bau, rasa tidak enak, dan menjernihkan air,
e.
Satu set lampu ultraviolet (UV)
untuk membunuh virus dan kuman di dalam air,
f.
Rak Aluminium untuk tempat proses
pencucian dan pengisian air.
g.
Housing Filter sebagai tempat
penyaringan kotoran,
h.
Filter catridge dewater untuk
menyaring partikel besar dan kecil di dalam bahan baku air,
i.
Carbon block sebagai penyerap bau
dan rasa,
j.
Water meter sebagai pengukur air
(kapasitas)
k.
Beberapa tambahan peralatan
lainnya, seperti penampung air, tutup galon dan tissu.
4.3
Sumber-sumber
Produk / Bahan Baku
Sumber Mata Air Pegunungan Air Segar alami yang berasal dari mata air pegunungan. Air ini di ambil yang
memiliki karakter rendah TDS 35 dan memiliki tingkat pH air 7,5 yang baik untuk
dijadikan sebagai bahan baku depot isi ulang,Rumah Sakit,Industri Makanan dan
Minuman,Kolam Renang,dan kebutuhan air bersih lainya.
Keunggulan air pegunungan yang kami suplay dengan sumber air
yang lain:
Air
Gunung sumbernya dari mata air pegunungan dari kaki gunung, aman dari bakteri, mengandung
oksigen yang cukup, mendapat sinar matahari langsung, terhindar dari bahan
kimia, terbebas dari limbah pabrik, apabila kita benar-benar ingin minum air
yang kualitasnya semupurna, maka hanya terdapat pada mata air pegunungan. Air
jenis ini cocok untuk dipakai: industri farmasi, industri makanan, industri
kimia yang membutuhkan kadar air tertentu, air minum atau depot air minum isi
ulang, untuk kebutuhan MCK dll.
4.4
Gambaran
produk dan jasa
Depot Air Minum Isi Ulang merupakan
usaha di bidang Agroindustri yang secara khusus memproduksi air minum isi
ulang.Depot Air Minum Isi Ulang berlokasi di Desa Bakalan Krapyak Rt 02 Rw 01 Kudus Kudus yang memiliki populasi cukup besar. Hal ini tentu saja menjadi hal yang
sangat penting mengingat usaha yang kami geluti ini merupakan usaha yang
menjadi kebutuhan mendasar bagi seluruh makhluk hidup.
Dalam perjalanan bisnis ini tentu
banyak menemui kendala, namun semangat para pengelola menjadi pemberi semangat
baru, apalagi dari waktu ke waktu bisnis ini terus menunjukkan peningkatan
penjualan.
Ke depan, kami
akan terus melakukan ekspansi dengan memperluas jangkauan penjualan dan juga
membuat variasi produk sesuai kebutuhan masyarakat, sebab setiap segmen
masyarakat memiliki kebutuhan air minum dari berbagai jenis yang berbeda.
Depot Air Minum Isi Ulang SAE KARYA sampai saat ini merasa belum
memaksimalkan kapasitas produksi yang dimilikinya, sebab kapasitas mesin
pengolahan yang dimiliki mampu mensuplai kurang lebih 100 galon perhari namun
angka penjualan masih berkisar 50 galon perhari.Meski bukan satu-satunya
produsen air minum isi ulang, namun pasar air minum jenis ini masih sangat luas
mengingat air minum merupakan kebutuhan dasar manusia.
4.5 Pembuatan Produk Air Minum Isi
Ulang
Untuk sampai ke
konsumen, air minum isi ulang harus diolah terlebih dahulu dilakukan
pengolahan, berikut ini adalah proses pengolahan air minum pada depot-depot air
minum isi ulang :
1.
Air bahan baku diambil dari
sumber mata air pegunungan
2.
Kemudian air baku ditampung dari
tanki-tanki berukuran besar
3.
Setelah air tersebut
melewati filter dari bahan silika untuk menyaring
4.
Kemudian melewati tabung-tabung
berisi karbon aktif untuk menghilangkan bau
5.
Setelah itu air disaring dengan
filter berukuran 10 mikron
6.
Kemudian disaring lagi
menggunakan saringan berukuran 1 mikron untuk menyaring bakteri
7.
Setelah air bebas dari bakteri
kemudian ditampung pada tanki khusus yang berukuran lebih kecil dibandingkan
dengan tanki air baku
8.
Kemudian dilakukan penyinaran
dengan menggunakan lampu ultra violet untuk mematikan kuman-kuman atau bakteri
yang tersisa
9.
Bersikan galon, agar tidak ada kuman dan masukan air ke dalam botol lalu tutup dengan
tutup galon dan beri merek
10.
Air siap untuk dijual ke konsumen
4.6
Keunggulan
Air
Minum Isi Ulang SAE KARYA
Dari segi kualitas kriteria kualitas air minum isi ulang
merupakan kriteria selanjutnya dari aspek
operasional yang dievaluasi. Air bersih adalah air yang
digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memnuhi syarat dan dapat
diminum setelah dimasak. Kualitas air bersih sangat berpengaruh terhadap
kesehatan masyarakat yang menkonsumsinya, oleh karena itu depot air minum SAE
KARYA sebagai jasa pelayanan kepada masyarakat harus memberikan pelayanan
kualitas air bersih yang baik dan aman dikonsumsi masyarakat.
Penilaian terhadap
pemenuhan tolok ukur kualitas air bersih dapat dinilai dari syarat fisik air.
Air yang berkualitas baik harus memenuhi persyaratan fisik jernih atau tidak
keruh, tidak berwarna. Secara fisika, air bisa dirasakan oleh lidah. Air
yang terasa asam, manis, pahit, atau asin menunjukkan bahwa kualitas air
tersebut tidak baik, Air yang baik memiliki ciri tidak berbau bila dicium
dari jauh maupun dari dekat. Adapun criteria kulitas air usaha depot
ini adalah:
a.
Memiliki kelayakan
air bersih dan sehat dari dinas kesehatan
b.
Secara fisik air
tidak berasa dan tidak berbau serta tidak berwarna
c.
Aman di konsumsi
oleh masyarakat
Air
minum isi ulang SAE KARYA tersedia
pada tingkat harga berkisar sepertiga dari harga
AMDK. Dengan menggunakan 100% teknolog i OZONâ, yang merupakan standar industri AMDK,
memberikan produk air minum yang kaya oksigen yang
terlihat nyata dengan adanya butir-butir oksigen dalam botol galon. Tingkat kesegaran air minum
pasti lebih terjamin karena penjualan dilakukan segera setelah proses
produksi selesai. Standar dan kelengkapan produk yang
berkualitas menjadikan air minum SAE KARYA semakin total dalam kualitas. Pelayanan yang prima
& perofesional merupakan faktor kenyamanan yang
utama bagi konsumen air minum SAE KARYA.
BAB
V
ASPEK
PEMASARAN
5.1
A. Target
dan segmentasi pasar Segmentasi
Target utama pasar adalah untuk semua kalangan,
baik dari anak-anak sampai yang dewasa. Yang ditekankan disini adalah sebisa
mungkin untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya dan mempertahankannya sebagai
pelanggan melalui penawaran yang lebih menarik serta mampu memberikan kepuasan
kepada pelanggan.
1.
Segmentasi pasar produk air isi
ulang ini ditargetkan pada segmentasi
pasar yaitu :
a.
Daerah Pemasaran
Permintaan
air isi ulang di lokasi ini sangat tinggi di karenakan lokasi usaha ini berada
di lokasi berada didaerah yang strategis yaitu kompleks padat penduduk dan di
daerah pedesaan ini hanya ada satu depot air minum isi ulang yaitu depot SAE KARYA yang tentu sangat mudah dalam pemasaranya.
Adapun pemasarannya yaitu dengan mengantar ke rumah konsumen dengan cara
menghubungi nomer HP yang
diberikan atau juga dengan datang langsung kedepot untuk mengisi galonnya
sendiri.
b.
Pasar pemukiman / perumahan
c.
Sales marketing/ penitipan pada
warung – warung
d.
Segmentasi Demografis
Bisnis ini ditujukan pada masyarakat kelas menengah
ke bawah
e.
Segmentasi Psikografis
Bisnis ini ditujukan pada masyarakat yang hidup
sehat dengan air segar dan higenis sebagai pendamping aktivitas sehari-hari.
2.
Targeting
Target penjualan gallon isi ulang air minum adalah
semua kalangan masyarakat
Konsumen
|
Perminggu
|
Perbulan
|
Perumahan
|
200 galon
|
800 galon
|
Warung
|
400 galon
|
1600 galon
|
Jumlah
|
600 galon
|
240 2400 galon
|
3.
Positioning
Pilihan bahan baku yang berkwalitas, mutu yang
terjaga dan pelayanan yang baik serta tepat waktu dalam pengiriman, akan
mendapatkan nilai tersendiri oleh konsumen. Saya ingin menciptakan citra usaha
di benak konsumen sebagai air minuman sehat dengan memberikan jamin sehat dan
berkulitas segar, sehat dan higienis
4.
Ukuran
dan Tren Pasar
1.
Segmen konsumen yang dibidik oleh
Depot Air Minum Isi Ulang ada dua, yaitu Pelanggan rumahan dan pelanggan warung
makan. Pelanggan rumahan secara umum memiliki ciri-ciri:
a.
Meminta perhatian lebih dengan
minta diantarkan langsung pada saat butuh
b.
Tidak terlalu memperhatikan harga
yang penting layanan dan kualitas yang baik
c.
Kebutuhan dalam jumlah sedikit
2.
Pelanggan warung makan memiliki
ciri-ciri:
a.
Tidak memiliki ketentuan harus
diantarkan pada waktu tertentu
b.
Meminta kelonggaran harga yang
berada dibawah harga normal
c.
Memiliki kebutuhan dalam jumlah
relatif besar dan rutin
B. Menggunakan Analisis SWOT
1.
Kekuatan
a.
Tempat
yang strategis yakni di pinggir jalan dan dekat dengan pemukiman warga
b.
Kenyamanan
dalam Pengisian karena Sebelum diisi Galonnya terlebih dahulu disikat galon
tersebut menggunakan sikat pembersih Galon.
c.
Pemberian
Kupon isi ulang gratis pada setiap pembeli Air Minum.
d.
Jenis
dan kualitas air telah teruji Oleh Dinas Kesehatan
2.
Kelemahan
a.
skill kemampuannya msih
terbatas karna baru.
b.
Pemrakarsa
belum cukup berpengalaman dalam usaha di bidang Air Minum.
3.
Peluang
- Adanya peluang pasar pasar potensial bagi usaha
Depot Air Minum.
- Kebutuhan Mahluk Hidup akan Air bersih sangat tinggi.
4.
Ancaman
Banyaknya saingan menyebabkan usaha Depot Air Minum ini harus terus meningkatkan layanannya
Banyaknya saingan menyebabkan usaha Depot Air Minum ini harus terus meningkatkan layanannya
5.2
Faktor
Kompetitif
a.
Jumlah Produk Sejenis Di Pasar
Mengenai jenis produk sejenis dipasaran, produk isi
ulang air minum ini memang sudah cukup banyak bahkan di setiap daerah pasti
ada. Namun dengan teknik pemasaran yang bagus maka bisnis ini pun akan berjalan
dengan baik.
b. Kapasitas Produksi Pesaing
Setiap competitor usaha bisnis isi ulang air minum,
biasanya mengandalkan daerahnya, semakin luas daerah pemasarannya semakin
tinggi produksinya.
c. Proyeksi Penawaran Pesaing
Untuk penawaran pesaing. Kami menawarkan
kwalitas bahan yang digunakan. Daerah kami merupakan penghasil air yang cukup
baik dan layak digunakan untuk bahan baku isi ulang air minum ini. Di daerah
yang sumber airnya kurang bagus, biasanya competitor membeli air bahan baku
melalui mobil tanki air. Dengan demikian proyeksi penawaran kepada pesaing kami
menawarkan kerja sama untuk penyediaan bahan baku air.
Berdasarkan pengamatan, kelemahan
pesaing kita adalah :
- Pengiriman tidak tepat waktu
- Harga lebih mahal
Sehingga apabila kita dapat melakukan
:
a.
On time Delivery
b.
Voucher beli 5 gratis 1
Maka kita dapat mengungguli mereka karena
pengiriman tepat waktu dan harga yang relatif murah tetapi kualitas air yang
tetap terjaga kebersihannya.
Peluang usaha kita besar, karena berdasarkan
pendekatan yang sudah dilakukan. Calon pengguna jasa kita adalah :
a.
Anak kos
b.
Usaha cafe/ warung
c.
Perumahan
d. Analisis Pesaing
Di sekitar tempat usaha tersebut belum ada
usaha yang sama, namun dilokasi lain yang tempatnya sedikit jauh sudah banyak
yang mendirikan usaha ini. Dan rata - rata competitor kami penjualan
hanya mengandalkan masyarakat sekitar tanpa adanya sales marketing.Maka dari
itu, inisiatif dan inovasi pemasaran harus dilakukan, dengan cara sales
marketing untuk menitipkan hasil produksi ke warung – warung di daerah yang
belum ada usaha ini.
Seiring berjalannya
waktu maka persaingan usaha akan semakin besar karna akan tumbuhnya usaha depot
air minum isi ulang galon yang sama maka ada beberapa strategi yang harus
dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dan tetap menguasai pasar bahkan
memperluas pasar, diantaranya yang harus
dilakukan dalam mengantisipasi perkembangan ekonomi yang semakin kompetitif
dengan melakukan strategi yang tepat agar tidak tersisih dalam persaingan
yaitu:
a.
Tetap
menjaga kehigenisan air isi ulang galon.
b.
Melakukan
penambahan filter karbon aktif (cartridge microfilter) agar warna air semakin
jernih dan terhindar dari partikel kasar dalam air.
c.
Melayani
konsumen dengan ramah tamah
d.
memberikan
pelayanan yang dijanjikan dengan segera dan memuaskan.
Merupakan
tiga hal yang sangat menentukan kesuksesan suatu usaha dipasaran. Target
pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah
konsumen dari semua kalangan. Sasaran ditujukan
kepada semua kalangan masyarakat disekitar.
Berikut ini uraian
mengenai rencana strategi pemasaran perusahaan yang terdiri dari bauran
pemasaran product, price, promotion, place (4P) :
a. Product (produk)
:
Isi ulang air
minum ini kemasan menggunakan gallon isi ulang yang bisa digunakan berkali –
kali, dan di beri label “SAE”
b. Price (harga) :
Harga untuk
setiap gallon isi ulang adalah RP.5000, namun untuk warung adalah Rp. 4000
c.
Promotion (promosi)
:
Peiklanan
merupakan salah satu usaha promosi pengenalan produk pada masyarakat luas.
Promosi di lakukan dengan cara menyebarkan brosur dan memosting di sosial media
seperti; Instagram dan lain sebagainya
a.
Iklan (advertising)
Media cetak :
poster, famplet dan brosur
Internet : facebook,
instagram,
b. Sales promotion:
Pertama
kali dalam mengenalkan depot air minum isi ulang galon SAE KARYA ini yaitu kepada masyarakat sekitar seperti konsumen
perorangan dan toko/warung kecil di desa ini
yaitu dengan cara mendatangi toko/warung kecil dengan menawarkan harga yang
terjangkau, dan jasa antar jemput galon
Promosi melalui
menawarkan langsung ke warung – warung untuk menjual produk kami
c. Personal selling
Promosi melalui
penjualan langsung konsumen atau teman.
d. Place (tempat):
Untuk tempat
utama penjualan didirikan di Desa Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus
B.
Rencana Penjualan
Permintaan air isi ulang di lokasi ini sangat
tinggi dikarenakan lokasi usaha ini berada didaerah yang strategis yaitu kompleks padat penduduk dan di
daerah pedesaan ini juga banyak sekolahan yang tentu banyak
berdampingan dengan lokasi kos-kosan. Di samping itu banyak juga masyarakat sekitar
yang menjadi pelanggan depot kami ini. Adapun pemasarannya yaitu dengan
mengantar kerumah konsumen dengan cara menghubungi no HP yang diberikan atau
juga dengan datang langsung kedepot untuk mengisi galonnya sendiri.
Gambaran umum pasar adalah
kita akan mendistribusikan air mineral. Sasaran penjualannya yaitu
kos-kosan, perkantoran, dan warga masyarakat sekitar. Untuk harga kemasan per
galon jika di isi langsung di depot adalah Rp 4.000, sedangkan apabila di
antar jemput harganya Rp 5.000. Untuk pelanggan tetap, kami memberikan
bonus gratis isi ulang 1 galon jika sudah pernah mengisi galonnya 5 kali.
C. Penetapan Harga
Harga
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan produk. Kami menjual
produk kami ini dengan kualitas yang bagus dan harga yang relative murah. Pada
awal peluncuran produk untuk menarik konsumen, menjual produk dengan harga
rendah. Jika permintaan meningkat, barulah menaikkan harga sedikit demi
sedikit.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
1.
Kebutuhan Dana
- Kebutuhan
modal pada usaha ini adalah Rp. 54.245.000
Sumber
danaKebutuhan Modal
Modal
Investasi : Rp 61,000,000

Total
kebutuhan modal : Rp 64,745,000
- Sumber
Dana/Modal

Kekurangan
modal : Rp 54,745,000
2. Modal Investasi
a. Peralatan dan bangunan
NAMA BARANG
|
SATUAN
|
JUMLAH SATUAN
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH
|
Biaya Bangunan
|
M2
|
20
|
1,000,000
|
20,000,000.00
|
Mesin
|
Unit
|
1
|
18,500,000
|
18,500,000.00
|
Galon
|
Buah
|
300
|
35,000
|
10,500,000
|
Sepeda Motor
|
Unit
|
1
|
12,000,000
|
12,000,000.00
|
TOTAL
|
61,000,000.00
|
b.
Biaya Tenaga Kerja per – Bulan Pada Tahun Pertama
Jabatan
|
Jumlah Tenaga Kerja (Org)
|
Gaji / Bulan (Rp)
|
Produksi
|
1
|
750,000
|
Distribusi
|
1
|
750,000
|
Total
|
2
|
1,500,000
|
c. Biaya Operasional bulan pertama
Biaya Operasional
|
Jumlah Biaya (Rp)
|
|
Biaya Listrik
|
± 900 kwh / bln
|
100,000
|
Bensin
|
60 Liter / bln
|
425,000
|
Pulsa
|
/ bln
|
100,000
|
Servis sepeda motor
|
/bln
|
85,000
|
Tutup galon, tisu,
sabun dll
|
750,000
|
|
Total Biaya Operasional
|
1,460,000
|
d. Investasi Perlengkapan Kantor, ATK dan Peralatan
Alat Bantu Kerja
Perlengkapan Kantor & ATK
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Sub Total (Rp)
|
Meja Kerja
|
1
|
485,000
|
485,000
|
Kursi
|
2
|
150,000
|
300,000
|
ATK
|
1
|
100,000
|
100,000
|
Total Perlengkapan Kantor dan ATK
|
785,000
|
e. Total Kebutuhan Modal Kerja per-Bulan Pada Tahun
Pertama.
Modal Kerja
|
Biaya (Rp)
|
Biaya Tenaga Kerja
|
1,500,000
|
Biaya Operasional
|
1,460,000
|
Investasi
perlengkapan kantor, ATK
|
785,000
|
Total
|
3,745,000
|
3. Pemasukan dari Penjualan Langsung
a. Perhitungan Penjualan Langsung per-Bulan
Jenis Penjualan
|
Harga
Jual per-galon
(Rp)
|
Per-hari
|
Per-bln
|
Pemasukan/bln
|
Konsumen
|
5,000
|
30
|
900
|
4,500,000.00
|
Warung
|
4,000
|
60
|
1,800
|
7,200,000.00
|
Jumlah
|
2,700
|
11,700,000.00
|
b. Perhitungan Penjualan Langsung per-Tahun
Penjualan
Langsung / bln : 11,700,000

140,400,000
4. Perhitungan Laba / rugi
a. Perhitungan Laba Rugi Perbulan
Penjualan
perbulan = 11,700,000

10,530,00
Biaya Tenaga Kerja = 1,500,000
Biaya
Operasional = 1,460,000

Laba bersih perbulan = 7,470,000
b. Perhitungan Laba Rugi Pertahun
Laba bersih per
bulan = 7,470,000

Laba bersih
pertahun = 89,640,000
5. Perhitungan Payback Period (PP)
Proceed
tahun
1 = 89,640,000
Kekurangan
proceed = 54,745,000
Payback Period = KURANG DARI SATU TAHUN SUDAH KEMBALI
6.
Perhitungan Break Event Point
(BEP)

Laba
bersih per bulan : 7,470,000
BAB IIV
PENUTUP
Kesimpulan
Dari penjelasan usaha depot air minum bahwa usaha ini sangat meyakinkan dimana
air merupakan vital sumber kehidupan manusia, air berasal dari
dalam bumi yang di mafaatkan untuk kepentingan manusia .semakin berkembangnya
zaman dan serba praktis, dan banyaknya air yang tercemar oleh kontimasi bahan
kimia dan sampah yang membuat air menjadi tak layak lagi di konsumsi.
Bahwa air itu sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga dengan adanya depot
isi ulang air minum “SAE KARYA” membantu masyarakat untuk mempermudah
mendapatkan air yang bermutu tinggi dan bersih jauh dari kuman, sehingga
menjadikan masyarakat yang sehat.
Badan manusia terdiri dari sekitar 65% air. Kehilangan air cukup banyak dapatberakibat fatal atau bahkan mengakibatkan
kematian. Setiap hari manusia memerlukan 2,5 - 3 liter air untuk minum dan makan.
Bahwa air itu sangat dibutuhkan masyarakat,
sehingga dengan adanya Depo Air Minum Dantri Jaya. Membantu masyarakat untuk
mempermudah mendapatkan air yang bermutu tinggi dan bersih jauh dari kuman ,
sehingga menjadikan masyarakat yang sehat
Berdasrkan kesimpulan bahwa Air yang ada di bumi umumnya tidak dalam
keadaan murni(H20), melainkan mengandung berbagai bahan baik terlarut maupun tersuspensi, termasuk mikroba.
Oleh karena itu sebelum dikonsumsi, air harus diolahterlebih dahulu untuk menghilangkan atau menurunkan kadar bahan tercemar
sampai pada tingkat yang aman.
Jadi minum lah air yang sehat,segar,higenis dan terjamin mineral nya.
Komentar
Posting Komentar